√ Cara Menjalankan Aplikasi Web PHP di PC - Aries myid Cara Menjalankan Aplikasi Web PHP di PC

Cara Menjalankan Aplikasi Web PHP di PC

Ketika share aplikasi ppdb ada yang request tentang bagaimana cara instalasi dan menjalankan aplikasi berbasis web php tersebut. nah ada dua cara kita bisa menjalankan secara Offline dan Secara Online. yang akan kita bahas kali ini yaitu menjalankan secara Offline.

Untuk menjalankan secara offline atau lebih dikenal dengan mode localhost kita dapat menggunakan software XAMPP atau Laragon. saya sendiri menggunakan software XAMPP.  oke lah kalo gitu kita simak tutorial menjalankan aplikasi web php di localhost. (contoh disini saya menjalankan aplikasi ppdb)

Tutorial 

Pastikan anda sudah mempunyai XAMPP kalo belum silahkan download sendiri (silahkan cari google ya) namun sesuaikan dengan versi windows anda misal x64 atau x86.

Buka xampp-control.exe dan klik Start pada Apache dan Myaql

 
Buka direktori instalasi XAMPP dan Cari Folder htdocs silahkan paste kan aplikasi web php disana, kalo masih dalam bantuk zip / rar silahkan di extract terlebih dahulu. Untuk nama folder bisa anda rename sesuai selera (ini akan berimpac pada link aplikasi)
Kemudian kita buka browser bisa chrome, firefox atau apapun yang terinstal di PC anda dan ketikan alamat berikut di addressbar browsernya : localhost/[nama folder yang berisi aplikasi] contohnya disini disini saya adalah localhost/ppdb, maka akan tampilah web kita.

Untuk memasukan atau import database silahkan anda buka dulu localhost/phpmyadmin di browser, kemudian klik new pada menu di kanan phpmyadmin

 

Kemudian buatlah nama database sesuai dengan keinginan dan pilih bahasa pemrogaraman kemudian klik cerate, contohnya nama database : ppdb bahasa pemrograman utf8_general_ci


Setelah di buat nanti kita import database berupa file yang berbentuk sql, misalkan ppdb.sql caranya adalah 

  • silahkan klik dulu nama databasenya
  • klik menu import 
  • browse file database sql anda

Setelah beres import database, silahkan ubah nama database pada aplikasi dan sesuaikan dengan nama database yang telah kita buat pada phpmyadmin, (kalo sudah sama nama databasenya ya gak usah di rubah, caranya :

  • Buka folder aplikasi pada directory htdocs 
  • Cari folder config
  • Cari File Connection.php (dalam beberapa aplikasi mungkin nama filenya berbeda)

Nah silahkan rubah isi dari file connection.php pada bagian database ($db), untuk merubah isinya anda bisa menggunakan Notpad++, sebagai contoh nanti yang dirubahnya adalah nama "ppdb"

Setelah beres importdatabase maka kita bisa menjalankan aplikasi tersebut misal login admin setting aplikasi dan lain sebagainya. Nah itulah tutorial bagaimana cara menjalankan aplikasi yang berbasis WEB PHP di PC anda. sebagai catatan ada beberapa yang harus di perhatikan oleh anda adalah :

  • Setiap XAMPP itu mempunya versi PHP yang berbeda
  • Koneksi Gagal dikarenakan nama database berbeda anatara config dan Phpmyadmin

Semoga tutorial ini bermanfaat.


Ariez MyId

Blog Pendidikan, Tips dan Tutorial about.me/ariez

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama