Domain Eu.Org, Kelebihannya, Daftar Domain, dan Pointingnya ke Blogger

Intro

Aries Myid - Eu.Org banyak ekstensi domain ini sekarang bermunculan di forum forum blogger, mungkin sekarang sudah pada booming kembali. nah kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu domain Eu.Org, Kelebihannya apa, bagaimana cara mendapatkannya, dan bagaimana cara memasangkannya atau menyambungkannya (pointing) ke blogger atau di hosting.

Sebenarnya tutorial ini sudah saya tulis pada bulan Oktober tahun 2019 lalu pada blog yang sudah expired domainnya sekarang (maklum domain gratisan gak mampu memperpanjang) telah dilihat sebanyak 2465 Kali (wow banget) dan mungkin sudah banyak di copy paste artikel tentang domain eu.org ini oleh situs lain. Sebagai bukti berikut saya lapirkan :



 
Saya sendiri sudah mendapatkan domain Eu.Org ini sejak tahun 2018, dulu saya terinspirasi oleh salah satu situs yang menggunakan domain eu.org ini, kalo gak salah nama situsnya atdx.eu.org, setelah sata cari info kesana kemari ternyata domain ini Gratis loh, saya pernah menanyakan ke ownernya cara mendapatkan domain nya gak dijawab, akhirnya saya berexperimen sendiri mencari kesana kemari, akhirnya saya sedikit menemukan penceraha dari salah satu forum eropa tentang bagaimana cara mendapatkan domain ini, dan dulu 1 hari daftar langsung jadi, akhirnya ketagian dan saya terus nambah deh daftar domainnya mungkin sudah ada 30 situs yang berdomain eu.org (namun yang baru saya pointing cuman 2 situs dan maaf tidak akan saya bagikan hehe). dan kemudian satu tahun kemudian barulah saya buat tutorialnya dan sekarang saya akan kembali memberikan tutorial lengkap mengenai domain eu.org ini.

Domain Eu Org

Domain EU.org adalah salah satu dari sedikit penyedia domain gratis yang di dirikan sejak tahun 1996 dan masih bertahan sampai saat ini, pendaftaran yang rumit adalah sesuatu yang mencegah tangan yang usil menggunakan domain EU.org untuk hal hal yang memang bersifat ilegal (makanya sekarng kadang kadang suka lama banget kalo daftar domain eu.org karena di verifikasi oleh user bukan oleh mesin), jadi domain gratis ini masih bertahan dengan reputasi baik hingga sekarang, hanya anda perlu tahu, jika terjadi penyalah gunaan terhadap domain ini maka pihak eu.org tidak akan segan segan menutuo domain ini.

Domain eu.org ini sebenarya adalah subdomain dari sebuah web besar europa.eu, dimana sebenarnya domain eu.org ini diperuntukan awalnya hanya untuk orang orang yang berada di kawasan eropa, untuk mengembangkan situs situs orang eropa. sesuai nama dari extensi subdomain tersebut eusingkatan dari europa, org singkatan dari organization . jadi intinya kita yang menggunakan domain tersebut merupakan bagian dari organisasi eropa.

Kelebihan

  • Dapat diinstal di Cloudflare
Seperti yang kita ketahui, cloudflare tidak menerima subdomain, untuk dikaitkan dengan layanan mereka, oh ya jika Anda tidak tahu domain EU.org lebih cocok untuk mengatakan Subdomain, karena itu tidak resmi dari turunan .org, ada banyak manfaat yang kami dapat, jika domain yang kami miliki dapat ditautkan ke cloudflare, termasuk DNS, SSL dan CDN Gratis.

  • Dapat diinstal di Blogger
Blogger juga sebenarnya tidak menerima subdomain, subdomain yang domain utamanya bukan milik kami, misalnya subdomain dari FREEDNS.AFRAID.ORG, subdomain dari sana tidak dapat dipasang di Blogger, karena blogger meminta verifikasi domain utama, bukan subdomain yang kami gunakan sudah / masuk.

  • Dapat dipasangkan dengan Google Adsense
Memiliki reputasi yang baik, domain gratis EU.org dapat diterima oleh Google Adsense, misalnya blog ini, hanya membutuhkan waktu 3 hari, Adsense sudah ada di Approve, domain EU.org sebenarnya ditujukan untuk organisasi yang tidak mencari untuk keuntungan, tetapi Uni Eropa. org masih menyediakan peluang untuk mencari keuntungan dari domain gratis mereka dalam skala kecil, tetapi untuk skala besar, misalnya untuk membuat Toko Online, EU.org melarangnya.

  • Tahan Lama
Berbeda dengan domain Freenom yang berumur pendek, domain EU.org berumur panjang, jika tidak digunakan untuk hal-hal ilegal, domain ini tidak akan dihapus oleh EU.org, terutama jika diposting di Blogger dengan konten seperti, porn, ilegal, spamming dll, jadilah blog dan domain Anda sudah tua abadi.
 

Cara Daftar

Untuk mendaftar domain ini sebenarnya adalah gampang gampang susah lo, registrasinya gampang namun untuk aprovenya (yang saya alami) ada yang cepat dan ada juga yang sampe sekarang belo di aprove. untuk itu jalan satu satunya setelah mendaftar ya sabar aja nunggu aprovenya. nah lalu bagaimana cara mendapatkan domain ini? mari simak tutorial pengalama saya di bawah ini :

 Pendaftaran akun

  • Silahkan daftarkan akun pada alamat berikut :  Nice.eu.org dan isilah data yang ada. anda boleh menggunakan data fake atau data asli, tapi ingat Email haruslah asli punya anda ya!

  • Setelah anda selesai mendaftar silahkan cek Email untuk aktivasi akun anda. kalo gak ada di kotak masuk cek di folder Spam!

  • Setelah itu silahkan login dengan username dan password yang telah anda buat (untuk user ada pada email yang ujungnya xxxx-FREE)

Mendaftar Domain eu.org

setelah akun berhasil dibuat kini kini kita akan mendaftar domain eu.org, caranya simak di bawah ini yaa.
  • Klik New Domain



  • Untuk Complete domain name  silahkan isikan dengan nama domain yang anda inginkan dan tambahkan eu.org di akhirnya

  • untuk name servers silahjkan mauskan Name Servers berikut (disini saya menggunakan Hostry, kalo kalian mau menggunakan Cloudflare ya tinggal tambakan Name servers Cloudflare) :
  1. ns1.hostry.com
  2. ns2.hostry.com
  3. ns3.hostry.com
  4. ns4.hostry.com
  • Check for correctness of: Server Names

 

  • Setelah itu tinggal tunggu domain anda di Aprove, jika memang domain di Aprove maka akan dapat email seperti di bawah :


Ok step ini telah beres kita lanjutkan step yang ke-2 tentang bagaimana cara memasangnya di blogspot. (ini berlaku jika domain anda sudah di aprove ya).

Cara Ponting

  • Disini kita akan menggunakan Hostry sebagai host custom dns (bisa juga menggunakan Cloudflare) kita silahkan daftar dulu akunnya disini : Sigiup Hostry
  • Setelah beres daftar silahkan masuk/login kembali ke hostry pilih SERVICES  > Free DNS
  • Masukan nama website anda yang berekstensi eu.org dan klik Create DNS

  • Disini akan tampil informasi website anda setelah yakin silahkan Klik Cerate

  • Silahkan isi CNAME dan TYPE A (Ip Host Blogger) pada tabel di bawah :
Type A Masukan  Host berikut
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Untuk CNAME type silahkan ambil dari blog anda:
Masuk ke Setelan> Domain Kustom> Pada Alamat blog masukan nama domain anda tadi , contoh www.ariez.eu.org maka di bawahnya akan muncul kode CNAME.


  • Nah silahkan pasangkan kode CNAME tersebut pada Free DNS di Hostry sehingga keseluruhan akan tampak seperti ini :



Setelah beres tunggu beberapa saat  dan silahkan pasangkan domain anda pada blogger. dan setting selanjutnya di blogger seperti biasa. Jangan Kaget apabila anda anda mengaktifkan HTTPS dan situs belum dapat di akses, tunggu lagi beberapa saat karena itu sedang melakukan penyetelan dengan HTTPS.

so itulah tentang Domain Eu.Org, Kelebihannya, Daftar Domain, dan Pointingnya ke Blogger berdasarkan hasil pengalaman saya sendiri, untuk memasangkan di hosting anda cukup rubah name server pada akun eu.org kalian dengan name server hosting yang disediakan. semoga tips ini bermanfaat bagi anda

6 Komentar

Pastikan anda berkomentar dengan sopan