√ Optimasi CPC Google Adsense Pada Blog - Aries myid Optimasi CPC Google Adsense Pada Blog

Optimasi CPC Google Adsense Pada Blog



CPC atau Cost Per Click adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh para pengiklan kepada penyedia platform, salah satunya Google, ketika iklan mereka diklik oleh pengguna internet. Ya, CPC memang merupakan bagian utama dari Google AdSense atau pemasangan iklan di internet. Slot iklan yang kita tempatkan di suatu situs sebenarnya sedang dilelang oleh para advertiser. 

Semakin banyak para advertiser yang ingin mengiklan di slot iklan kita maka semakin mahal pula nilai lelangnya yang berimbas pada tingginya CPC atau BPK. Semakin sedikit slot iklan yang kita sediakan maka akan memengaruhi kepada rendahnya penawaran produk sehingga permintaan terhadap produk menjadi lebih besar yang berimbas pada naiknya harga produk itu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

  • Topik / Niche
  • Waktu 
  • Keyword
  • Penempatan slot iklan 
  • Ukuran iklan 
  • Kualitas konten situs
Lalu bagaimana cara menaikan CPC pada situs kita yang sudah ber-adsense? mungkin bagi para suhu, mastah, master gampang. namun berikut ini adalah versi saya pribadi hasil trial error 😅 yang mungkin jauh dari sempurna, tapi sejauh ini sudah berhasil saya praktekan ke blog aries.my.id ini, dan pendapatan CPC lumayan naik lah, yang tadinya masih Rp. 200, menjadi Rp. 800 - Rp. 1.000, malah saya pernah dapat sampe Rp. 13.000 mantap bukan?

Jika memang tertarik silahkan baca tips optimasi cpc versi saya.

Reset Keyword
Keyword adalah kata-kata atau frasa yang diketikan oleh pengguna internet di mesin pencari untuk menemukan berbagai informasi di internet. sederhananya Keyword adalah kata atau rangkaian kata yang dituliskan user di mesin pencari untuk menemukan halaman web yang sesuai, berisi informasi yang mereka cari.
Untuk mengoptimalkan CPC keyword merupakan kunci utama, jika memamg CPC anda rendah sebaiknya anda reset keyword. selain itu penempatan keyword harus tepat. misalnya dalam sebuah artikel itu harus ada 3-5 buah keywoard yang tertanamah. misal di awal paragrap pembuka, pada paragrap isi dan paragrap akhir. 

Jangan  Banyak Pasang Iklan Adsense
Mungkin ini hanya pemikiran saya saja yang saya terapkan, masalah setuju atau tidak tergantung anda. ternyata banyak iklan yang terpasang bisa memperburuk CPC. untuk penempatan iklan ideal (menurut saya pribadi) :
  • Diatas - Head, gunakan ukuran (720x90)
  • Dibawah - Footer, Gunakan iklan responsive
  • Dibawah Artikel - Gunakan Iklan Feed
  • Widget - Gunakan ukuran 300x250
  • Iklan Otomatis - Non-aktivkan versi iklan vinyet

Jika sudah ada slot iklan bawaan dari template bagaimana? ya itu terserah anda saja sih. mau dipake semua atau tidak. saya rasa yang membuat template memang ada yang sudah di perhitungkan ada juga yang hanya pantas saja di tempeli iklan. namun yang pasti sampai saat ini saya masih belum menemukan template yang Hight CPC kalo High CTR banyak hehe.

Filter Iklan
Tehnik ini sebenarnya sudah lama bertebaran pembahasannya, pada intinya dengan filter iklan ini kita bisa menyaring iklan yang ber CPC rendah. diantara iklan yang ber CPC rendah diantaranya adalah 
  • Iklan dari e-commerce seperti, bukalapak, shoope, Lazada dll. 
  • Iklan Promo Gaib seperti, pesugihan, santet, menggandakan uang dll
  • Iklan 18+ Seperti, krim payudara, obat perkasa, obat perangsang atau sejenis lainnya.
  • Iklan dari Google Ads, mislanya dari situs yang akhirannya 12345.wixsite.com, jasa sedot wc, dll
Nah iklan - iklan tersebut bisa anda blokir dari situs anda, mungkin nanti detailnya akan saya bahas bagaimana cara blokir iklan-iklan tersebut.

Hindari Share Medsos Facebook dan Tegram
Mungkin ini masih menjadi pro dan kontra, apalagi kita sebagai blogger pemula facebook dan telegram menjadi lokomotif utama sebagai mesih pencari trafik. namun justru beberapa suhu / master pernah berstatemen jika terlalu atau over share medsos facebook dan telegram bisa jadi CPC anda anjlok bahkan Akun Adsense anda bisa mengalami pembatasan iklan. untuk medsos yang masih aman dalam mencari trafik adalah :
  • WhastApp
  • Pintres
  • Vk
  • Twitter

untuk yang lainnya saya belum tau, silahkan cari info sendiri ya 🙏

Update 29 Mei 2021

Pasang Meta Keywoard 
Untuk mengoptimasikan cpc kita juga bisa menggunakan teknik injeksi keywoard,   dengan cara pasang meta keywoard pada template anda. namun ada 2 versi ada yang otomatis ada yang manual nah berikut saya akan kasih dua duanya :
Versi Otomatis
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'><meta expr:content='data:blog.title' name='keywords'/></b:if> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/></b:if>

Versi Manual
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<meta content='Katakunci1, Katakunci1, Katakunci1' name='keywords'/></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta content='Katakunci2, Katakunci2, Katakunci2' name='keywords'/></b:if>
Untuk pemasangan meta keywoard itu disimpan setelah kode <head>

Mungkin itulah cara optimasi CPC Google Adsense versi aries.my.id, jika memang dirasa cara versi saya tidak berhasil, tolong jangan di hujat. karena saya ini bukan mastah atau suhu yang ahli dalam bidang ini, pada intinya saya tegaskan lagi ini adalah pengalaman yang saya alami hasil dari trial error saya pribadi. semoga bermanfaat.🙏

Ariez MyId

Blog Pendidikan, Tips dan Tutorial about.me/ariez

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama