Download Kumpulan XAMPP Portabel

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah web server open source yang berjalan pada sistem operasi cross-platform (windows, Linux, MacOS). Semua yang diperlukan untuk mengelola website tersedia di XAMPP seperti Apache, MySQL/MariaDB, PHP, dan Perl. Meski program di dalamnya lengkap, XAMPP tetap merupakan web server yang sederhana dan ringan,

XAMPP dipakai untuk membuat web server lokal di komputer. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengembangkan, mendesain, dan keperluan testing website.

Biasanya XAMPP digunakan untuk mencoba berbagai tema dan plugin WordPress, menguji fitur-fiturnya, dan mempelajari dasar-dasar WordPress. Dengan XAMPP, Anda tak perlu khawatir mengubah kode inti program. Kalau ada error, itu tidak akan muncul di website online. 

Fungsi XAMPP

Seperti halnya web server lokal lainnya, ada banyak sekali fungsi dari XAMPP. Di sini kami akan menjelaskan beberapa kegunaannya yaitu:

1. Setting Database phpMyAdmin

Dengan menggunakan XAMPP Anda bisa mengakses halaman phpMyAdmin. Sama seperti saat Anda menggunakan hosting atau VPS pasti Anda akan membutuhkan phpMyAdmin untuk mengedit, menghapus, menambah database, dan menambahkan user.

Di XAMPP Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Bedanya di XAMPP Anda tidak perlu khawatir terjadi error database karena semua perubahan yang dilakukan hanya pada server lokal komputer.

Apabila Anda baru pertama kali menggunakan phpMyAdmin, XAMPP adalah software yang tepat untuk mempelajari fitur-fitur dari phpMyAdmin dan mempelajari dasar-dasar menggunakan phpMyAdmin.

2. Install WordPress Offline

XAMPP berguna untuk menjalankan Apache, MariaDB, dan PHP pada localhost atau komputer tanpa harus ada koneksi internet. Dengan adanya XAMPP akan mempermudah pekerjaan frontend dan backend developer. Karena mereka dapat melakukan testing pada program sebelum nantinya akan diupload ke server online website.

Untuk Anda yang baru belajar dasar-dasar WordPress, software XAMPP sangat cocok untuk Anda. Karena Anda bisa mencoba beberapa fitur WordPress seperti menambahkan tema, menambahkan plugin, belajar membuat post, membuat menu dan lain-lain.

3. Menjalankan Laravel Pada Komputer

Laravel adalah salah satu framework php yang dipakai untuk mempermudah developer dalam mengembangkan website. Dengan menjalankan Laravel pada localhost komputer Anda menggunakan XAMPP, Anda jadi lebih mudah untuk memodifikasi script dan membuat fitur baru website tanpa harus takut merusak kode inti website yang ada di server.

Berikut beberapa komponen dalam Xampp:
  • Apache
  • PHP
  • phpMyAdmin
  • FileZilla FTP Server
  • Tomcat
  • Strawberry Perl
  • XAMPP Control Panel
  • dll


Download XAMPP

Close