Aplikasi Bimbingan Skripsi Berbasis Web PHP

Skripsi merupakan mata kuliah wajib yang memiliki bobot paling besar dalam menyelesaikan studi di program studi S1 Teknik Informatika UNPAR. Untuk menyelesaikan skripsi, setiap mahasiswa wajib memilih suatu topik, kemudian menjalani proses bimbingan, dan diakhiri dengan ujian/ sidang skripsi. Untuk administrasi skripsi, saat ini telah ada sistem informasi akademik yang berbasis web dengan menggunakan sistem otentifikasi terintegrasi menggunakan Central Authentication Service (CAS). Namun demikian sistem informasi yang disediakan tidak mencakup proses bimbingan dan interaksi dengan koordinator skripsi. Proses bimbingan mencakup aktivitas penyusunan rencana kerja, konsultasi dan pencatatan proses bimbingan pada kartu bimbingan serta persetujuan ujian/ sidang skripsi. Proses bimbingan merupakan proses kunci yang menentukan keberhasilan penyelesaian skripsi. 
 
Dalam proses bimbingan diidentifikasi ada 2 masalah utama, yaitu: pencatatan proses bimbingan pada kartu bimbingan yang kurang teratur, dan komunikasi yang kurang intensif antar dosen pembimbing dengan mahasiswa. Selain itu, interaksi dengan koordinator skripsi dalam proses administrasi juga memiliki pengaruh signifikan, karena memiliki bobot 10% dalam menentukan nilai akhir skripsi. Interaksi dengan koordinator skripsi terutama dalam hal propagasi pengumuman dan peraturan, serta ketaatan dalam menghadiri dan memenuhi tenggat waktu pengumpulan deliverable skripsi (rencana kerja, dokumen skripsi). Baik interaksi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing maupun dengan koordinator skripsi saat ini belum ada sistem informasi/ aplikasi yang digunakan. 
 
Oleh karena itu, pada skripsi ini dikembangkan aplikasi bimbingan skripsi berbasis teknologi berbasis web. plikasi ini digunakan oleh 3 (tiga) jenis pengguna, yaitu: mahasiswa peserta skripsi, dosen pembimbing dan dosen koordinator skripsi. Mahasiswa dapat menggunakan fitur membuat dan melihat jadwal, membuat dan melihat proses bimbingan, melihat pengumuman. Dosen pembimbing membuat dan melihat jadwal, melihat proses bimbingan, melihat dan membuat pengumuman ke seluruh anak bimbingnya.

Instalasi

Setelah source code berhasil kamu unduh, kemudian ektrak. Apabila kamu menggunakan tools XAMPP simpan folder ulangan ke dalam folder htdocs, berikutnya buat database baru dengan nama absen , kemudian import berkas bimbingan.sql yang telah anda download ke dalam database yang barusan kamu buat. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada berkas atau direktori koneksi.php .
$host="localhost";
$userdb="root";
$passdb="";
$namadb="bimbingan";
Sesuaikan konfigurasi dengan setelan yang kamu gunakan, setelah itu buka web browser dan masukan url localhost/bimbingan. untuk login administrator
 
User : admin
Password : admin


Apabila kamu tertarik dengan Bimbingan Skripsi Berbasis Php ini dan ingin mengembangkannya atau mempelajarinya kembali, kamu dapat mengunduhnya secara GRATIS melalui tombol yang telah tersedia di bawah ini. Jika ada pertanyaan silahkan komentar atau mengirimkan email, sebisa mungkin nanti saya bantu

Perhatian!
Untuk Password Aplikasi atau database adalah 874


Download Link

Aplikasi.zip 34mb

0 Komentar