Cek Kesiapan Sekolah untuk ANBK Semi Online (Poin 5 Paling Penting)

Sebentar lagi semua jenjang sekolah dari SD, SMP dan SMA (Sederajatanya) akan melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang di prakarsai oleh kemendikbud, nah apa itu ANBK dan persiapan apa saja yang harus di laksanakan oleh sekolah atau madarasah dalam pelakasanaan Asesmen Nasional ini? mari kita bahas (dari apa yang saya alami dan ketahui)

ANBK

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Persiapan

Sebagai proktor dan teknisi ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan dalam pelaksaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer versi Semi Online ini, dimana tujuannya agar dalam pelaksanaan nanti tidak ada kendala, jikapun ada kendala maka kendala tersebut bisa di minimalisir dengan sedemikian rupa mungkin.
 

1. Kesiapan Data 

Untuk kesiapan data pastikan anda selalu selalu chek di web anbk secara realtime, terkadang suka gabut aja tiba tiba muncul informasi untuk singkron atau ada pembaharuan exambrowser. 
  • Pastikan adan mengikuti petunjuk yang disediakan oleh web anbk agar sesuai dengan juknis.
  • Lakukan singkronisasi sesuai dengan jadwal yang tertera pada web anbk 
  • Jangan lupa cetak kartu, daftar hadir

 

2. PC Server 

sebelum pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Semi Online di server anda, pastikan sudah ada hal berikut:
  • Pastikan Kondisi server dalam keadaan Prima. demi kelancaran ANBK, ada baiknya sebelum dipasang VHD, PC server di bersihkan dulu Cachenya dan registry Errornya dengan CCleaner atau sejenisnya, bahkan jika perlu di defrag terlebih dahulu agar lebih optimal dan powerfull
  • Jika server menggunakan Windows 10, Windows 11 atau bahkan Windows 8.1 maka silahkan matikan auto update windowsnya. biar cepet gak usah seting setting saya sarankan anda memakai Stop Winupdates cukup setting 1 kali maka langsung Joss, Untuk downloadnya silahkan klik disini : [Stop Winupdates]
  • Cek hardwere, seperti Lan card berfungsi dengan baik
  • Cek Software / OS pastikan stabil agar tidak terjadi Crash
  • Gunakan ExamBrowser admin/proktor yang sesuai dengan versi PC anda dan Terupdate
  • Pastikan Windows Devender, Antivirus dan Firewall dalam keadaan OFF 
  • Jangan lupa setting transver respon, caranya bisa dilihat disini : "cara setting transver respon terbaru anbk 2021"

 

3.  Client

Untuk client juga harus diperhatikan banyak loh pada saat simulasi dan gladi client banyak yang bermasalah. untuk itu silahkan pada ANBK utama silahkan cek kembali client anda

  • Minimal menggunakan Os Windows 7 Sp1
  • Tarisntal browser Google Chrome
  • Gunakan Exam browser client terbaru
  • Cek lan card dengan cara ping ke pc server

4. Kesiapan Jaringan Internet

Belakangan ini kita tahu bahwa provider Indihome sedang mengalami gangguan hampir seluruh Indonesia, hal ini dikarenakan adanya masalah pada jalur JaSuKe (jalur kabel bawah laut) moleh karena itu sebagai antisipasi kita bisa siapkan hal beikut.
  • Siapkan USB Wifi, boleh dengan merek apapun
  • Silahkan nanti tehtring dari wifi dari Handphone anda dengan menggunakan  provider lain, misal dengan XL, Indosat. (karena mode semi onlien itu tidak menggunakan begitu banyak data jadi aman lah)

 

5. Lainnya

untuk hal lainnya apa saja sih? berikut hal yang perlu sekolah siapkan juga

  • UPS, untuk jaga jaga apabila mati listrik, setidaknya dapat digunakan di server agar VHD tidak Crash. (jadi kita punya waktu untuk shutdown secara normal agar vhd tidak crash)
  • Genset, sebagai suplai lisyrik apabila mati lampu
  • Sebaiknya ada kordinasi dengan PLN agar jangan ada perbaikan / pemadaman pada saat hari ANBK berlangsung.
  • Kabel Lan cadangan, serta alat tempur lan apabila Lan ada masalah
  • No WA/TLP Help DESK agar jika ada kendala bisa langsung berkomunikasi
  • KOPI, ROKO, SNACK dan MAKAN pada saat ANBK utama berlangsung untuk Proktor dan Teknisi. (hargailah mereka yang siang malam bekerja untuk kesuksesan ANBK) ehhh lupa HONOR paling penting 


nah itulah hal yang harus anda siapkaan untuk menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer di sekolah anda, semoga bermanfaat!

0 Komentar

Jika ada link aplikasi yang tidak aktif / mati silahkan beritahu kami di kolom komentar.