Pembelajaran dimasa Pandemi Covid19



Metode Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi. Beberapa ahli sudah menggodok tentang metode pembelajaran online yang cocok selama pandemi ini.

a.   Project Based Learning

Metode project based learning ini diprakarsai oleh hasil implikasi dari surat Edaran Mendikbud no.4 tahun 2020. Project based learning in memiliki tujuan utama untuk memberikan pelatihan kepada pelajar untuk lebih bisa berkolaborasi, gotong royong, dan empati dengan sesama.

Menurt Mendikbud, metode project based learning ini sangat efektif diterapkan untuk pada pelajar dengan membentuk kelompok belajar kecil dalam mengerjakan projek, eksperimen, dan inovasi. Metode pembelajaran ini sangatlah cocok bagi pelajar yang berada pada zona kuning atau hijau. Dengan menjalankan metode pemblajaran yang satu ini, tentunya juga harus memperharikan protokol kesehatan yang berlaku.

b.   Daring Method

Untuk menyiasati ketidak kondisifan di situasi seperti ini, metode daring bisa dijadkan salah satu hal yang cukup eektif untuk mengatasinya. Dilansir dari kumparan, kemendikbud  mengungkapkan bahwa metode daring  bisa  mengatasi permasalahan  yang  terjadi selama  pandemi  ini berlangsung.
Metode ini rupanya bisa membuat para siswa untuk memanfaatan fasilitas yang ada di rumah dengan baik. Seperti halnya membuat konten dengan memanfaatan barang-barang di sekitar rumah maupun mengerjakan seluruh kegiatan belajar melalui sistem online.

Nah,  metode daring  ini sangatlah cocok diterapkan bagi pelajar  yang berada pada kawsan zona merah. Dengan menggunakan metode full daring seperti ini,  sistem pembelajaran  yang  disampaikan akan tetapi berlangsung  dan seluruh pelajar  tetap berada dirumah  masing-masing dalam keadaan aman.

c.   Luring method

Luring yang dimaksud pada model pembelajaran yang dilakukan diluar jaringan. Dalam artian, pembelajaran yang satu ini dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan zonasi dan protokol Kesehatan yang berlaku. Metode ini sangat pas bua pelajar yang ada di wilayah zona kuning atau hijau terutama dengan protocol keta new normal.

Dalam metode satu ini, siswa akan diajar secara bergiliran (shift model) adar menghindari kerumunan. Dikutip dari kumparan, model pembelajaran ruling ini disarankan oleh Mendikbud unuk memenuhi penyederhanaan kurikulum selama masa darurat pandemic ini.
Metode ini dirancang untuk menyiasati penyampaian kurukulu
m agar tidak berbelit saat disampaikan kepada siswa. Selain itu, pembelajaran yang satu ini juga dinilai cukup baik bagi mereka yang kurang memiliki sarana dan prasarana mendukung untuk sistem daring.

d.   Home Visit Method

Seperti halnya meode yang lain, home visit merupakan salah satu opsi pada metode pembelajaran pad masa pandemi ini. Metode ini mirip seperti kegiatan belajar mengajar yang disampaikan saat home schooling. Jadi, pengajar mengadakan home visit di rumah pelajar pada wktu tertentu.

e.   Blended Learning

Metode blended learning adalah metode yang menggunakan dua pendekatan sekaligus. Dalam artian, metode ini menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video call. Jadi, meskipun pelajar dan pengajar melakukan pembelajaran jarak jauh, keduanya masih bisaa berinteaksi satu sama lain Dikutif dari sibatik kemendikbud.go,id, Yene Henadrita mengungkapkan bahwa metode blended learning adalah salah satu metode yang dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif para pelajar. Sebenarnya, metode ini sudah mulai dirancang dan diterapkan awal abad ke-21. Namun, seiring dengan merebaknya wabah Covid-19, metode yang satu ini dikaji lebih dalam lagi karena dinilai bisa menjadi salah satu metode pembelajaran yang cocok untuk para pelajar di Indonesia.

Mengingat wabah pandemi yang tidak tau pasti kapan berakhirnya, metode pembelajaran tersebut mungkin bisa anda jadikan opsi untuk para peserta didik anda. Dengan adanya metode-metode tersebut, diharapkan agar pendidikan di Indonesia tetap belajar dengan baik dan belajar lancar.
 

Dampak Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi

Saat ini, semua negara di dunia sedang menghadapi pandemi covid-19. Semua aktifitas dibatasi untuk mencegah penyebaran virus Corona, termasuk aktifitas pendidikan. Di Indonesia, sudah kurang  lebih tiga bulan, semua aktifitas pendidikan, mulai dari tingkat dasar dan menengah hingga tingkat perguruan tinggi dilakukan secara daring, tanpa tatap muka antara pengajar dan peserta didik.

Pembelajaran daring, serta merta menyadarkan kita akan potensi luar biasa internal yang belum dimanfaatkan sepenuhnya dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Tanpa batas ruang dan waktu, kegiatan pendidikan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Terlebih lagi, di era dimana belum ada kepastian kapan pandemic ini akan berakhir, sehingga pembelajaran daring adalah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Namun, dibalik setiap sisi positif suatu hal pastilah tersimpan sisi negative, atau setidaknya kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Meskipun secara formal kegiatan pendidikan masih bisa dilakukan secara daring, namun karena siswa dan mahasiswa harus belajar di rumah, pendidikan karakter selama masa pandemi ini, rasanya menjadi sedikit terabaikan.

Sebelumnya, Ketika kegiatan pendidikan dilakukan di sekolah, pendidikan dilakukan dengan pengawasan langsung dari guru atau dosen. Kegiatan-kegiatan yang mendukung pendidikan juga bisa langsung, secara intensif dan bisa diukur tingkat keberhasilannya. Akan tetapi saat  ini,  Ketika kegiatan pendidikan dilakukan secara daring, dimana yang terjadi lebih banyak hanyalah proses pembelajran, atau  transfer pengetahuan saja, tak ada yang menjamin siswa mendapatkan pendidikan dari kedua orang tua mereka sesuai dengan nilai-nilai yang selama ini diajarkan oleh institusi pendidikan. Misalnya saja di beberapa sekolah islam, yang menekankan pendidikan dengan kegiaatan peribadatan seperti shalat sunnah dan wajib secara berjama’ah,  atau  pengajian  Al-Quran,  otomatis saat  ini tidak  bisa melakukan kegiatan tersebur, karena siswa-siswa garus belajar di rumah.

0 Komentar

Jika ada link aplikasi yang tidak aktif / mati silahkan beritahu kami di kolom komentar.