Solusi Permasalahan ANBK Utama 2021

ANBK

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.
 

Solusi

Saat ini saya akan berbagi solusi dari permasalahan yang terjadi saat ANBK utama berlangsung. nah berikut masalah yang muncul serta solusinya.
 

1. Solusi Token Tidak Muncul

  • Silahkan logout dulu Cbtsync nya kemudian login ulang
  • Pilih status tes, isi daftar tes,  dan kelompok tes
  • Save. maka token akan keluar 
  • Jika tetap coba reload CbtSync
 

2. Client Error 402

  • Pastikan sudah menggunakan ExamBroeser Client Terbaru, jika tetap...
  • Close dulu exam client dengan CTRL + C + B + H pada keyboard.
  • Pastikan server sudah masuk cbtsync. 
  • Silahkan masukan kembali ke App ExamBrowser Client.

3. Gagal Registrasi Ip pada Client

  • Disable LAN dan Enable kan Ulang Lan Client
  • Restar Pc
  • Masuk kembali ke ExamBrowsernya
 

4. Transver Respon Gagal menyimpan Folder dump

  • Pastikan settingan ip benar
  • Cukup sambungkan server dengan 1 Client untuk membuat Transver Respon
  • Jika masih belum bisa, silahkan cek postingan ini : Gagal Tranver Respon dan Solusinya
 

5. Client Sering Logout

  • Cek jaringan lan.
  • Baiknya Scan dengan Antivirus terlebih dahulu, takutnya ada virus. 
  • Hapus Driver lan dan instal ulang driver LAN
 

6. Guru Gagal login

  • Pastikan data login sesuai dengan kartu, walau data di kartu salah.
  • Biasanya selalu tertukar antara tanggal dan bulan pada saat pengisian.
  • Cek jaringan internet, usahakan sinyal 4G agar stabil dalam login.
 

7. Siswa Otomatis pindah stage

  • Baca aturan aa kasep, neneng geulis, stage pertama 10 menit, stage kedua 90 Menit dst... jadi jika waktu sudah habis ya pasti akan langsung pindah stage walau belum selesai mengerjakan soal
 

8. Loading / Muter-muter saat mengerjakan soal

  • Tekan f5 di keyboard
  • ada baiknya sebelum tes silahkan bersihkan cache dan riwayat browser Google Chrome, biar cepat gunakan Ccleaner saja!
 

9. Meja Proktor dan teknisi kosong

  • Hubungi Bendahara sekolah
  • Pesan kopi, cemilan dan makan
 
Nah semoga bermanfaat bagi anda, jika ada pengalaman lain seputar ANBK boleh sharing dimari. salam sukses proktor dan teknisi Indonesia


0 Komentar

Jika ada link aplikasi yang tidak aktif / mati silahkan beritahu kami di kolom komentar.